2 Oktober 2019

Ingin Jualan Buku Gratis di Google Play Books? Daftar Sekarang!

Kamu punya naskah buku siap terbit tapi sulit mencari penerbit yang siap mengorbitkan karyamu? Ingin coba self-publishing tapi modal belum ada?
Nah, coba deh menerbitkan bukumu secara digital di Google Play Books! Selain 100% gratis, jangkauan pasarnya sangat luas karena sekarang hampir semua orang menggunakan ponsel Android. Cara pembayaran melalui Google Play juga sudah semakin mudah dan tersedia dimana-mana. Terlebih buku digital sangat praktis, tidak perlu dibawa berat-berat dan tidak mesti mengeluarkan waktu dan biaya untuk ke toko buku. Dapat dibeli kapanpun, dimanapun!

Tapi kan sekarang Google Books tidak membuka pendaftaran mitra baru?

Tenang saja, Starosa Books siap membantumu dengan menawarkan program kemitraan untuk penjualan buku di Google Books. Dengan sistem bagi hasil yang menguntungkan, baik penulis dan penerbit bisa menjalin kerjasama berdasarkan asas tolong-menolong.

Bagaimana sistem bagi hasilnya?

Sekedar informasi, untuk penjualan buku di Google Books atau Google Buku dalam bahasa Indonesianya, mensyaratkan bagi hasil sebesar 48% untuk pihak Google. Jadi penerbit akan mendapatkan 52% dari harga yang dipatoknya. Nah, dari 52% tersebut, maka royalti bagi penulis sebesar 80%. Menarik bukan?
Ilustrasinya: 

-Harga penjualan di Google Buku : Rp.50.000
-Bagi hasil dengan Google (48%): Rp. 24.000
-Jumlah setelah bagi hasil (52%) : Rp. 26.000
-Royalti untuk penulis (80%) : Rp. 20.800

Apa syarat naskah yang bisa dibantu penerbitannya oleh Starosa Books?

1. Naskah merupakan karya pribadi dan bukan jiplakan, saduran, atau terjemahan (tidak resmi). Jika nanti terbukti bahwa naskah yang diberikan adalah plagiat atau ilegal, maka penerbit berhak menghentikan kerjasama.

2. Naskah yang diberikan sudah dalam bentuk pdf dan siap diterbitkan. Penerbit belum menerima jasa pengeditan naskah.

3. Bersama naskah, turut dilampirkan sinopsis dan cover yang siap diterbitkan. Penerbit belum menerima jasa pembuatan cover.

4. Kamu dapat menerbitkan buku dengan tema apapun (tidak ada proses seleksi), asalkan tidak menyinggung SARA, bukan LGBT, tidak bertentangan dengan hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia, tidak melanggar hak cipta orang lain, dan tidak vulgar (bukan rate M).

5. Jika karyamu berupa novel, maka pastikan itu bukan fanfiction baik yang menyangkut public figure/selebritis (K-Pop, Hollywood, Bollywood, dll), anime, manga, serial TV/drama, film, atau yang lainnya. Karya harus merupakan cerita original.

6. Karyamu tidak sedang diterbitkan/dijual di penerbit/media yang lain baik softcopy maupun hardcopy.

Bagaimana dengan hak cipta dan harga bukunya?

Hak cipta tetap berada pada penulis sehingga penulis bertanggungjawab penuh terhadap isi tulisannya. Harga bukunya juga ditentukan sendiri oleh penulis.

Bagaimana proses pencairan royaltinya?

Royalti dibayarkan pada bulan berikutnya, maksimal 7 hari kerja setelah Google mengirimkan pembayarannya. Laporan penjualan dari Google juga akan disertakan.
Minimal jumlah royalti yang dapat ditarik adalah Rp.50.000 melalui transfer bank. Biaya transfer per transaksi adalah sebesar Rp.6500 dan dapat dipotong dari royalti. Jika jumlah royalti bulan tersebut belum mencukupi maka akan ditransfer pada bulan berikutnya.

Kenapa harus di Starosa Books?

Starosa Books menawarkan sistem bagi hasil yang lebih fleksibel agar penulis dapat benar-benar merasakan buah kerja kerasnya secara nyata. Karena didirikan oleh penulis, Starosa Books paham betul bahwa suatu karya membutuhkan dedikasi tinggi dan upaya yang luar biasa hingga bisa sampai berbentuk naskah siap terbit. Di sini, Starosa Books hanya membantu memfasilitasi saja dan hampir seluruh proses kreatifnya tetap berada di tangan penulis.

Oke, sudah mantap nih! Jadi bagaimana cara pengiriman naskahnya?

Kalau rasanya sudah memenuhi syarat, silakan kirimkan permintaan kerjasama ke starosawriter@gmail.com dengan subyek email Kerjasama Google Books. Semua email yang masuk akan segera ditanggapi pada jam kerja yaitu Senin-Jumat pada pukul 09.00 - 17.00 WIB (tidak termasuk hari libur nasional).

Tunggu apa lagi? Segera kirimkan naskah terbaikmu! Siapa tahu kamu adalah penulis terkenal selanjutnya? 😆

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your comment!